Sunday, October 23, 2011 - 0 komentar

Pengertian Kristal

Salam Geologi !!!!!!!!!!!!
langsung saja ga perlu yang basi-basi...

Mula-mula dalam magma yang panas dan cair terdapatlah ion-ion yang bergerak bebas tidak beraturan . Sehingga pada saat magma mulai mendingin pergerakan ion tersebut akan melambat dan sehingga membentuk pola-pola tertentu. Pembentukan pola ini dinamakan Proses Kristalisasi. Sementara pengertian Kristal sendiri adalah zat atau bahan (anorganik) padat yang Polyhedral (bersisi banyak) yang terikat oleh bidang-bidang permukaan yang terbentuk secara ...
alamiah akibat pertumbuhan  Kisi-kisi Kristal. Kisi Kristal adalah jaringan atom yang simetris dan sistematis dalam susunan sebuah Kristal.

Biasanya magma tidak akan membeku secara cepat melainkan membeku secara perlahan-lahan,mula-mula terbentuk sejumlah Kristal kecil, lalu secara sistematis bertambahlah ion-ion dan berkembanglah Kristal tersebut menjadi Kristal yang lebih besar. Pada suatu ketika Kristal tersebut yang tumbuh saling bersentuhan dan berhenti tumbuh. Maka tumbuhlah Kristal-kristal baru di tempat lain yang mengisi sisa ruang yang masih kosong. Demikian proses ini berlangsung hingga akhirnya jadilah suatu masa padat yang terdiri dari Kristal-kristal yang saling mengunci (Interlock) dan disebut Batuan.

Kecepatan pendinginan magma sangat mempengaruhi pertumbuhan Kristal. Apabila magma mendingin secara perlahan maka kemungkinan Kristal yang akan tumbuh cenderung sempurna dan berukuran besar-besar. Sebaliknya apabila magma mendingin secara cepat maka Kristal yang akan terbentuk cenderung tidak sempurna dan kecil-kecil. Pendinginan yang sangat cepat menyebabkan ion-ion tidak sempat membentuk Kristal (bersifat Amorf) dan hasilnya adalah masa yang terdiri dari ion-ion yang bersifat acak. Batuan yang terdiri dari atom-atom yang tidak beraturan ini disebut Gelas (glass) seperti gelas atau kaca yang dibuat dipabrik. 

Contohnya pada erupsi gunung api ,magma tersembur ke udara sehingga mengalami pendinginan yang sangat cepat . Hasilnya adalah Batu Apung (Pumice) yaitu batuan amorf ,berongga-rongga karena tekanan udara jauh lebih rendah gas-gas yang terlarut keluar dengan cepat.

Terimakasih semoga membantu,,,,
Apabila terdapat kesalahan mohon kesediaannya untuk memberikan kritik dan sarannya……..
sumber : catatan kuliah

0 komentar:

Post a Comment