Sunday, October 23, 2011 - 0 komentar

Batas-batas Pertemuan Lempeng Bumi

Litosfer terdiri dari lempeng-lempeng yang besar dan kecil (lempeng Mikro) 'terapung' diatas astenosfer dan bergerak dengan kecepatan beberapa cm/tahun. Kecepatan pergerakan setiap lempeng tidaklah sama. dikenal ada beberapa lempeng dibumi ini yaitu,,,,,,,


lempeng Afrika,Antartika,Australia,Eurasia,Amerika utara,Amerika selatan dan Lempeng Pasifik. Oleh karena tiap lempeng bergerak sebagai unit tersendiri dipermukaan bumi yang bulat ,maka interaksi antar lempeng akan terjadi  pada batas-batas anatar lempeng. Interaksi ini dicirikan dengan jelas oleh aktifitas gempa bumi dan proses volkanolisme,karena kebanyakan gunung api di bumi dan gempa bumi terjadi di daerah perbatasan lempeng.
Batas-batas lempeng ada tiga macam :
  1. Divergen : gerakan lempeng-lempeng yang saling menjauh,mengakibatkan material dari selubung naik keatas membentuk lantai samudera baru .
  2. Konvergen : gerakan lempeng-lempeng yang saling bertemu dan menyebabkan salah satu dari lempeng tersebut menujam kearah bawah sehingga masuk kedalam selubung bumi.
  3. Transform :  gerakan lempeng-lempeng yang saling bersinggungan/bergeser ,tanpa membentuk atau membentuk atau merusak litosfer.
Foto dari Google.
sumber : intisari geofisik itb

0 komentar:

Post a Comment